ESSAY

Writer / NIM
FATMAWATI I. LINGGILE / 421416033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Fatmawati I. Linggile. 2022. Ã"Pengaruh Penerapan Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Tolangohula. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Supartin, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Citron S. Payu, SP.d, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning bebasis blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Gelombang bunyi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Metode Penelitian yang digunakan yaitu eksperimen menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Boliyohuto di kelas XI IPA 1 dengan jumlah 25 siswa, kelas XI IPA 2 dengan jumlah 26 siswa, kelas XI IPA 4 dengan jumlah 27 siswa. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan berdasarkan hasil test. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Berdasarkan pengujian hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh thitung 5,97 dan ttabel 2,78, Kelas replikasi 1 di peroleh thitung 7,76 dan ttabel 2,77, dan kelas replikasi 2 di peroleh thitung 6,25 dan ttabel 2,77, maka hipotesis dari ketiga kelas H0 terima karena thitung ttabel. Hal ini terdapat pengaruh pada model pembelajaran discovery learning berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi dengan n-gain tinggi Kata kunci : Discovery Learning, Blended Learning, Hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011