ESSAY

Writer / NIM
NUR AZIZAH DJ. JUNUS / 421416035
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Nur Azizah Dj. Junus. 2020. Deskripsi Strategi Pembelajaran Pada Anak Kesulitan Membaca (Disleksia) Dalam Pembelajaran IPA di SKB Kota Gorontalo. Dibimbing oleh Masri Kudrat Umar dan Abd. Wahidin Nuayi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pada anak kesulitan membaca (disleksia) dalam pembelajaran IPA di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah dua siswa kesulitan membaca (disleksia) di kelas VII Paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu terlihat karakteristik anak disleksia yaitu membaca kata demi kata, terjadi pengulangan saat membaca, kesulitan membaca kata ber-imbuhan, dan menambahkan, menyisipkan, mengganti, menghilangkan huruf atau kata ketika membaca. Adapun aspek-aspek kegiatan pelaksanaan pada proses pembelajaran IPA diperoleh bahwa terdapat indikasi strategi pembelajaran yang cenderung digunakan guru adalah strategi pembelajaran ekspositorik. Kata kunci: Anak Kesulitan Membaca (Disleksia), Strategi Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011