ESSAY

Writer / NIM
RIZKA AMALIAH ZAKARIA / 421416036
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Rizka Amaliah Zakaria. 2020. Penerapan e-learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika Berbasis Nilai-Nilai Al-Quran. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Abdul Haris Odja Dan Pembimbing 2 Abd. Wahidin Nuayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning berbasis nilai-nilai Al-Quran pada pembelajaran fisika terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan One Grup Pretest-postest Design. Data yang dikumpulkan adalah tes essay untuk mengukur hasil belajar peserta didik berdasarkan indikator C1 sampai C5. Berdasarkan analisis gain diperoleh rata-rata pretest 29 dan posttest 80 dengan gain ternomalisasi sebesar 0.72 termasuk dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hipotesis diketahui bahwa hipotesis (Ho) diterima dan hipotesis (H1) ditolak. Hal ini menunjukan penerapan e-learning berbasis nilai-nilai Al-Quran berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci : E-learning, Fisika Berbasis Nilai-nilai Al-Quran, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011