ESSAY

Writer / NIM
UMI KALSUM DJANO / 421416043
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstract
ABSTRAK Umi Kalsum Djano. 2020. Deskripsi Strategi Pembelajaran pada Anak Tunalaras dalam Pembelajaran IPA di SKB Kota Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Masri Kudrat Umar dan Pembimbing 2 Trisnawaty J. Buhungo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan strategi pembelajaran pada anak tunalaras dalam pembelajaran IPA di SKB Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu tiga anak tunalaras kelas VII Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini terlihat perilaku anak tunalaras saat mata pelajaran IPA yaitu hiperaktif, mengumpat teman saat melakukan kesalahan, memiliki kontrol emosi yang rendah, memiliki perilaku kosentrasi mudah sekali terganggu dalam pembelajaran, dan sering berkata tidak sopan saat membuat kesalahan. Pada pelaksanaan pembelajaran IPA terlihat unsur pokok yaitu guru mempersiapkan peserta didik sebelum memulai pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran yang berstandar pada kemampuan berpikir tingkat rendah, topik materi disajikan secara berurutan, materi bersifat fakta, guru lebih mendominasi pada pembelajaran, dan penggunaan metode ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan strategi pembelajaran yang cenderung digunakan guru pada anak tunalaras dalam pembelajaran IPA di SKB Kota Gorontalo adalah strategi pembelajaran ekspositori. Kata kunci: Anak Tunalaras, Strategi Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011