ESSAY

Writer / NIM
ANDI ISKANDAR / 421417006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Telah banyak penelitian yang menerapkan berbagai jenis model pembelajaran di sekolah, namun penelitian yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran belum banyak mendapatkan perhatian. Hal ini mungkin masih belum terlalu dipahami oleh sebagian pengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP N 2 Bolangitang Timur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 61 siswa. Sampel atau subjek dalam penelitian ini yaitu kelas VII A dan VII B yang diambil menggunakan teknik quota sampling, di mana peneliti penambil jumlah sampel sesuai yang telah ditentukan.Penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dan dokumentsi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisi data dalam mengolah data hasil penelitian menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inverensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Analisis uji-t pada taraf signifikan (�±=0,05) mendapatkan hasil di mana t0 = 2,24 ta = 2,02 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-tata hasil n-gaim pada kelas eksperimen sebesar 0,46 dan pada kelas kontrol sebesar 0,35. Ini diartikan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunkan model pembelajaran flipped classroom dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP N 2 Bolangitang Timur. Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011