ESSAY

Writer / NIM
NURMILA / 421417009
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
Penelitian ini membahas tentang ragam bahan ajar pada pembelajaran daring danhasil belajar fisika di SMA. Dengan tujuan untuk mengetahui bahan ajar apa saja yang digunakan pada pembelajaran daring dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran daring. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif pada penelitian ini mendeskripsikan bahan ajar yang digunakan guru pada pembelajaran daring, sedangkan kuantitatif untuk melihat hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran daring berupa elektronik modul, buku teks, dan slide powerpoint. Bahan ajar yang digunakan sudah sesuai dengan kriteria bahan ajar menurut BSNP, sehingga dapat digunakan pada pembelajaran daring. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar tersebut diatas nilai KKM yang telah ditetapkan, rata-rata hasil belajar di sekolah SMA Negeri 1 Limboto 83 dengan kriteria baik, rata-rata hasil belajar di sekolah SMA Negeri 1 Telaga 71 dengan kriteria cukup dan SMA Negeri 1 Telaga biru adalah 72 dengan kriteria cukup, sedangkan di SMA Negeri 1 Tilango rata-rata nilai tes hasil belajarnya adalah 73 dengan kriteria Cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ragam bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran daring berpengaruh dengan hasil belajar peserta didik.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011