Writer / NIM
HIDJRAWATY TANTU / 421417010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Penelitian ini dilakukan disekolah SMP Negeri 6 Kota Gorontalo dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan mengguanakan kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 yang digunakan untuk melihat konsistensi pengaruh dari hasil belajar siswa. Untuk penggunaan kelas replikasi pada penelitian eksperimen dimana replikasi itu sendiri adalah pengulangan dari eksperimen, agar menghasilkan taksiran yang lebih baik dan melihat konsistensi hasil yang diperoleh. Pembelajaran mengguanakan model Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ditunjukkan melalui kriteria pengujian hipotesis dimana untuk kelas eksperimen thitung��7,304 lebih besar dari ttabel 2,035, untuk kelas replikasi 1 thitungA 8,266 lebih besar dari ttabel 2,037, dan untuk kelas replikasi 2 thitung��9,658 lebih besar dari ttabel 2,037 dapat disimpulkan bahwa pengujian hipotesis yaitu thitung lebih besar dari ttabel, hal ini dapat diartikan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning.
Download files