ESSAY

Writer / NIM
HIDJRAWATY TANTU / 421417010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Penelitian ini dilakukan disekolah SMP Negeri 6 Kota Gorontalo dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan mengguanakan kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 yang digunakan untuk melihat konsistensi pengaruh dari hasil belajar siswa. Untuk penggunaan kelas replikasi pada penelitian eksperimen dimana replikasi itu sendiri adalah pengulangan dari eksperimen, agar menghasilkan taksiran yang lebih baik dan melihat konsistensi hasil yang diperoleh. Pembelajaran mengguanakan model Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ditunjukkan melalui kriteria pengujian hipotesis dimana untuk kelas eksperimen thitung��7,304 lebih besar dari ttabel 2,035, untuk kelas replikasi 1 thitungA 8,266 lebih besar dari ttabel 2,037, dan untuk kelas replikasi 2 thitung��9,658 lebih besar dari ttabel 2,037 dapat disimpulkan bahwa pengujian hipotesis yaitu thitung lebih besar dari ttabel, hal ini dapat diartikan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011