ESSAY

Writer / NIM
VIVIT IDRUS / 421417011
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Advisor 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring dengan menggunakan permodelan rasch pada mata pelajaran fisika. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 8 orang dari 30 orang siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Tapa yang dipilih berdasarkan puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pengunaan aplikasi pembelajaran daring dengan menggunakan permodelan RASCH pada mata pelajaran fisika, berdasarkan analisis data menggunakan model RASCH didapatkan bahwa nilai alpha cornbachnya 0.84 yang artinya bagus jadi analisis persepsi siswa menggunakan model RASCH bagus karena berada diatas 0.80 kemudian berdasarkan indikator persepsi penyerapan terhadap rangsangan atau objek dari luar individu, siswa lebih senang dan menyukai pembelajaran daring menggunakan aplikasi Classroom dan Whatsapp. Berdasarkan indikator persepsi pengertian atau pemahaman terhadap objek, siswa bisa mengerti serta memahami dan menguasai materi pada pembelajaran fisika. Berdasarkan indikator persepsi penilaian atau evaluasi individu terhadap objek, siswa selalu semangat dan termotivasi pada pembelajaran fisika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi Classroom dan Whatsapp dapat membantu siswa dan tidak membuat siswa kesusahan dalam proses pembelajaran selama masa pandemi dikelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tapa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011