ESSAY

Writer / NIM
INDRIYANI MONOARFA / 421417018
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Indriyani Monoarfa. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning Berbantuan WhatsApp dan Google Meet Pada Pembelajaran Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing : (1) Asri Arbie (2) Abd. Wahidin Nuayi. Penelitian ini merupakan penelitian mengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas pengembangan perangkat pembelajaran Team Based Learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Gorontalo pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata dan kawan-kawan yang terdiri dari 3 tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan validitas melalui validasi perangkat, kepraktisan melalui observasi keterlaksanaan, angket respon guru dan angket respon siswa, keeektifan melalui tes hasil belajar, observasi pengamatan aktivitas, sikap, dan keterampilan siswa. Penelitian ini diperoleh hasil: (1) perangkat yang dikembangkan valid melalui uji validitas konstruk; (2) perangkat yang dikembangkan praktis ditunjukkan oleh rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93,75, kemudian respon guru yang menyatakan perangkat pembelajaran Team Based Learning praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran, dan mayoritas siswa menyatakan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran Team Based Learning praktis untuk diterapkan dalam kelas; dan (3) perangkat yang dikembangkan efektif ditunjukan oleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 80,10, Kemudian persentase nilai hasil belajar siswa dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua pada iRat memperoleh skor N-gain sebesar 0,51 dan 0,46 dengan kategori ��Ã..."sedang��, kemudian pada tRat diperoleh skor N Gain sebesar 0,53 dan 0,5 dengan kategori ��Ã..."sedang��.Selain itu perolehan hasil belajar sikap siswa diperoleh sebesar 80,07. Kemudian hasil belajar keterampilan siswa diperoleh sebesar 81,85. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas. Kata kunci: Team Based Learning, Perangkat Pembelajaran, Hasil Belajar. Borg dan Gall.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011