ESSAY

Writer / NIM
HADIJA D. LANTOWA / 421417034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Advisor 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa , bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang berkualitas denga mengguankan model inkuiri terbimbing, perangkat yang dikembangkan menggunakan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas. Perangkat pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan dengan sedikit revisi, dilihat berdasarkan hasil rata-rata validasi dengan nilai 3,4��"3,6, tungkat keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik yang terdiri dari ranah kognitif diperoleh N Gain 0,52, dengan kriteria N gain sedang, ranah sikap dengan rata-rata presentase sebesar 80,89% serta rata-rata presentase pada ranah keterampilan 84,04% dan hasil pengamatan aktivitas peserta didik selama 3 kali pertemuan sebesar 79,44% dengan kriteria baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis berdasarkan rata-rata presentase hasil keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan sebesar 86,67%, serta hasil angket respon guru dan peserta didik terkait penggunaan perangkat pembelajaran pada proses pembelajaran daring mendpatkan respon yang positif. Kata kunci: Hasil belajar, Pengembangan 4D, Inkuiri Terbimbing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011