Writer / NIM
ELVIRA A. PAKAYA / 421417040
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK
Elvira A. Pakaya.2022. Aktivitas Asesmen Dalam Pembelajaran Daring Dan Hasil Belajar Fiska Di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Bapak Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Dr. Supartin S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat aktivitas peserta didik dalam kegiatan asesmen pada pembelajaran daring dan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik pada pembelajaran daring di SMA pada materi gejala pemanasan global di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila, SMA Negeri 1 Tapa, dan SMA Negeri 1 Suwawa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 314 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis secara deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas peserta didik dalam kegiatan asesmen pada pembelajaran daring materi gejala pemanasan global di kelas XI IPA, berdasarkan indikator persiapan dan pelaksanaan dapat dilihat mendapatkan nilai presentase sebesar 71.06% dengan kriteria cukup baik dan indikator pelaksanaan diperoleh presentase sebesar 67.42% dengan kriteria cukup baik. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata peserta didik di 3 sekolah setuju dengan pentingnya kesiapan diri sebelum dan saat kegiatan asesmen dilakukan. Hasil belajar peserta didik setelah melihat aktivitas peserta didik di ketiga sekolah rata-rata berada diatas nilai KKM (75) yang telah ditentukan. Untuk nilai rata-rata hasil belajar di sekolah SMA Negeri 1 Kabila 77.30 dengan kriteria baik, rata-rata hasil belajar di sekolah SMA Negeri 1 Tapa 79 dengan kriteria baik, sedangkan di sekolah SMA Negeri 1 Suwawa 76.08 dengan kriteria cukup. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik sebelum dilakukan tes hasil belajar secara daring berpengaruh pada hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Aktivitas Asesmen; Pembelajaran Daring; Hasil Belajar
Download files