ESSAY

Writer / NIM
ABDULRAHMAN DJOU / 421418001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Abdulrahman Djou. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Trisnawaty Junus Buhungo dan Pembimbing 2 Supartin. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Batudaa kelas XI IPA 1. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran model Problem Based Learnin dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi elastisitas dan hukum hooke yang teruji berdasarkan kualitasnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda yang terdiri atas lima tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) validasi keseluruhan perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran ditentukan melalui presentase dari keterlaksanaan pembelajaran yang terdiri dari dua kali petemuan yang mencapai 97,619% criteria sangat baik serta respon guru dan peserta didik melalui angket memberikan respon positif, dan 3) keefektifan perangkat pembelajaran ditentukan melaui presentase rata-rata aktivitas peserta didik sebanyak dua kali pertemuan mencapai 90,302 % dengan criteria sangat baik, penilaian hasil belajar siswa mencapai nilai N-gain sebesar 0,742 termasuk criteria N-gain tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning telah memenuhi criteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Problem Based Learning,Contextual Teaching And Learning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011