ESSAY

Writer / NIM
FURQON SANJAYA / 421418006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Furqon Sanjaya 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Guided Inquiry Berbantauan Media Google Sites Pada Materi Fluida Statis. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr. Trisnawati Junus Buhungo S.Pd,.M.Pd dan Pembimbing II oleh ibu Dr. Supartin S.Pd, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Devolopment) yang bertujuan untuk mengembanglan perangkat pembelajaran guided inquiry yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dan diujicobakan di kelas XI SMA Negeri 1 Tilango dengan desain uji coba one group pre test-post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perangkat yang dikembangkan valid yang diperoleh melalui uji validitas; (2) perangkat yang dikembangkan praktis ditunjukan oleh pembelajaran terlaksana sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 97,2%, respon guru yang menyatakan perangkat pembelajaran guided inquiry praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dan mayoritas peserta didik menyatakan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran guided inquiry praktis untuk diterapkan dalam kelas; (3) perangkat yang dikembangkan efektif ditunjukan oleh peserta didik yang aktif dalam pembelajaran selama tiga pertemuan dengan rata-rata persentase sebesar 81,9% (kategori baik), peningkatan hasil belajar peserta didik untuk ranah kognitif mencapai nilai N-gain sebesar 0,710 termasuk dalam kategori tinggi dan hasil persentase klasikal hasil belajar peserta didik mencapai 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Guided Inquiry, Google Sites, Fluida Statis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011