ESSAY

Writer / NIM
ANISA FAUZIA ABDULLAH / 421418029
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Based Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi Dinamika Rotasi Benda Tegar. Pengaruh ini dilihat dari mampu tidaknya peserta didik mencapai kriteria kentuntasan minimum dengan menguasai tiga indikator PISA dalam 10 soal tes yang terdiri dari dua soal mengidentifikasi masalah ilmiah, lima soal menjelaskan fenomena secara ilmiah, dan tiga soal menafsirkan data dan bukti ilmiah. Metode penelitian yang diterapkan yaitu metode eksperimen serta menggunakan One Group Pretest-Posttest Design sebagai desain penelitian dengan melibatkan 4 kelas, dimana 1 kelas berperan sebagai kelas eksperimen dan 3 kelas sebagai kelas replikasi. Berdasarkan hasil statistik uji t untuk meguji hipotesis penelitian, dari kelas eksperimen diperoleh nilai t_hitung 15,69 lebih besar dari nilai t_tabel 1,691. Begitu juga dengan nilai yang diperoleh oleh setiap kelas replikasi. Hal tersebut menunjukan penggunaan model pembelajaran Inquiry Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011