ESSAY

Writer / NIM
NURJIHAN BREKAT / 431406044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Advisor 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstract
Nurjihan Brekat. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi SistemPencernaan Makanan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ani M. Hasan M.Pd dan Pembimbing II Drs. Mustamin Ibrahim,M.Si. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mennggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap sebanyak 2 siklus, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dalam proses belajar mengajar, lembar observasi siswa dan analisis hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses belajar mengajar yang dilaksanakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil observasi kegiatan guru memperlihatkan kriteria baik sekali dan baik sebesar 80% dan hasil kegiatan siswa 60%. Untuk hasil belajar siswa 73,7% memperoleh nilai 70 keatas. Hasil yang ada pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu pada hasil observasi kegiatan guru memperlihatkan 100% kriteria baik sekali dan baik, hasil kegiatan siswa pun mencapai 100% kriteria baik, hasil belajar siswa juga 100% memperoleh nilai 70 keatas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team acvievement divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, hasil belajar siswa, Student Team Achievement Divisions, Sistem Pencernaan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011