Writer / NIM
ASNA LAHISA / 431407003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Advisor 2 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Abstract
ABSTRAK
Asna Lahisa, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) pada Materi Virus di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa Kelas X. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dra. Aryati Abdul, M.Kes. sebagai pembimbing I dan pembimbing II Dr. Elya Nusantari, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada materi virus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments), sampel penelitian ini adalah kelas Xa Madrasah Aliyah Negeri Batudaa, tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 orang, 9 orang Peserta didik laki-laki dan 17 orang Peserta didik perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus.
Kriteria keberhasilan penelitian adalah 85% Peserta didik memperoleh nilai ≥ 75, serta pengamatan terhadap kegiatan guru dan Peserta didik mencapai 85% maka tindakan dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik sebesar 88.46%.
Kata kunci : TGT, Hasil Belajar
Download files