ESSAY

Writer / NIM
ARQAM AHMANSYAH MOPI / 431408006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Advisor 2 / NIDN
Drs. JUNAN PARIS, M.Pd / 0016085910
Abstract
ABSTRAK Arqam Ahmansyah Mopi. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi, Gorontalo: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Unversitas Negeri Gorontalo, 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ni adalah penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui pre test post test dengan menggunakan perbandingan statistik pre test – post test control group design. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan reliabel instrumen, uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis menggunakan uji T. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Atinggola Tahun 2011/2012. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas X3 adalah sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposif Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menggunkan model pembelajaran konvensional dan kooperatif tipe Group Investigation. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perbedaan hasil belajar siswa saat diberikan Pre Test dan Post Test. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar model ini dapat diaplikasikan sebagai suatu inovasi dalam kegiatan pembelajaran terutama model pembelajaran kooperatif Group Investigation yang pencapaian nilai rata- rata diatas melebihi nilai- rata- rata model pembelajaran konvensional sehingga terdapat variasi penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Konvensional, Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011