ESSAY

Writer / NIM
DWI NANGSI PAKAYA / 431408015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Advisor 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstract
ABSTRAK Dwi Nangsi Pakaya. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik dan Hasil Belajar pada Materi Kepaadatan Penduduk dan Permasalahan Lingkungan Di SMP Negeri I Kabila. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Ramli Utina, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd sebagai pembing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran biologi khususnya materi kepadatan penduduk dan permasalahan lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas VIIB SMP Negeri I Kabila. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama II siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan setiap siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang berisi aspek-aspek aktivitas peserta didik dan tes evaluasi hasil belajar kognitif peserta didik dilakukan setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas peserta didik pada siklus I yakni 71% dan meningkat pada siklus II sebesar 87% dan hasil belajar kognitif pada siklus I yakni 75% meningkat menjadi 96% pada siklus II. Peningkatan ini disebabkan karena diadakannya refleksi pada silus II untuk memperbaiki semua kekurangan pada siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil belajar kognitif. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011