ESSAY

Writer / NIM
MERLINDA LAUFI / 431408051
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Advisor 2 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui adanya pengaruh metode Brainstorming melalui kliping terhadap kemampuan memecahkan masalah pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahakan masalah pada kelas yang menggunakan Brainstorming melalui kliping (Eksperimen) dengan kelas yang tanpa menggunakan Brainstorming melalui kliping (Kontrol). Populasi penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Alkhairat Pagimana. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Pretest-Postest Two Group Design. Berdasarkan hasil penelitian, Pengaruh Metode Brainstorming Melalui Kliping Terhadap kemampuan Memecahkan Masalah dapat terlihat adanya perbedaan hasil kemampuan memecahkan masalah pada kedua kelas, rata-rata hasil kemampuan memecahkan masalah pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Brainstorming melalui kliping yakni 81 lebih tinngi dibandingkan dengan rata-rata hasil kemampuan memecahkan masalah pada kelas kontrol tanpa menggunakan metode Brainstorming yang melalui kliping yakni 71. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil kemampuan memecahkan masalah antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan metode Branstorming melalui kliping terhadap kemampuan memecahkan masalah.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011