ESSAY

Writer / NIM
REGINA VALENTINE AYDALINA / 431408067
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Advisor 2 / NIDN
Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstract
ABSTRAK Regina Valentine Aydalina. 2012. Analisis Keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran IPA pada Kegiatan Lesson Study Berbasis MGMP di MGMP Biosfer dan MGMP Newton Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ramli Utina, M.Pd dan Dr. Novri Y. Kandowangko, MP. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara detil mengenai keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran IPA pada kegiatan Lesson Study berbasis MGMP yang dilakukan oleh MGMP Biosfer dan MGMP Newton Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan studi dokumentasi terhadap kegiatan Plan, Do dan See dalam kegiatan Lesson Study. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh bahwa RPP yang disusun pada tahap Plan untuk Open Class I telah 88,18% telah memenuhi kriteria baik. Angka ini meningkat pada Open Class II yang mencapai 96,82% dan pada Open Class III yang mencapai 97,73%. Pada penerapan RPP yang telah disusun di tahap Plan sebelumnya, diperoleh hasil bahwa pada Open Class I, rencana yang telah disusun terlaksana 87,73%, pada Open Class II terlaksana 96,82% dan pada Open Class III terlaksana 97,73%. Dengan demikian disimpulkan bahwa RPP yang dirumuskan dalam kegiatan Lesson Study ini dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana. Kata Kunci : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lesson Study
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011