ESSAY

Writer / NIM
SRINURLAILA ALI / 431409017
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Advisor 2 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui penerapan strategi belajar mind mapping dan metode praktikum di kelas XI Ipa 1 SMA Negeri 1 Botumoito. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes akhir evaluasi pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar untuk hasil kegiatan guru pada siklus I aspek yang terlaksana yaitu 89,7 % meningkat pada siklus II menjadi 98.1 %. Untuk hasil observasi kegiatan siswa mengalami peningkatan, pada siklus I aspek yang terlaksana yaitu 84,6 % meningkat pada siklus II menjadi 95,8 %. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan 80,7% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,0%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan strategi belajar mind mapping dan metode praktikum pada mata pelajaran biologi yang khususnya materi stuktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Botumoito dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.Kata Kunci : Strategi Mind Mapping, Metode Praktikum, Pemahaman Konsep, StrukturDan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011