ESSAY

Writer / NIM
YAYU NINGSI PURNAMA SARI / 431409024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adanya pengaruh strategi pembelajaran IN-STAD terhadap Metakognisi siswa pada pembelajaran biologi. Jenis Penelitian ini adalah Eksperimen. Desain penelitian adalah pretest-posttest Eqiuvalent Group Design. Pada kelas eksperimen diterapkan strategi IN-STAD dan kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Telaga tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling sehingga didapatkan kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan XI-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, jurnal belajar, tes uraian serta LKS. Teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan Uji Man Whitney dan Uji T. Hasil uji Man Whitney didapatkan taraf signifikasi p-value = 0,000. P value < 0,05 yang berarti H0 ditolak, sedangkan Uji t didapatkan thitung= 4,29 (thitung> ttabel) sehingga hipotesis nol ditolak. Disimpulkan bahwa : Terdapat pengaruh strategi pembelajaran IN-STAD terhadap kemampuan metakognisi siswa pada pembelajaran biologi SMA Negeri 1 Telaga Tahun Pelajaran 2012/2013.Kata Kunci: Strategi Pembelajaran IN-STAD, Kemampuan Metakognisi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011