ESSAY

Writer / NIM
RISMAWATI RUSLAN / 431409053
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, untuk meningkatkan hasil belajar dan meminimalisir penurunan retensi siswa khususnya pada materi sistem saraf dengan menggunakan strategi peta konsep di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap dan pelaksanaannya dalam dua siklus, yaitu masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Berdasarkan prosedur tindakan maka tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pada aktivitas guru dan siswa yang berisi aspek-aspek yang diamati selama proses pembelajaran. Untuk evaluasi hasil belajar siswa dilakukan setiap akhir siklus pembelajaran, sedangkan retensi siswa dilakukan dalam selang waktu dua minggu setelah pemberian tes evaluasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan peta konsep dapat menambah pemahaman siswa tentang konsep system saraf, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari, rata-rata peningkatan hasil belajar secara klasikal untuk siklus I yaitu 79.41 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91.17 %. Untuk retensi siswa pada setiap siklus dapat bervariasi yaitu, rata-rata penurunan retensi siswa pada siklus I sebesar 9,59 %, sedangkan pada siklus II penurunan retensi siswa sebesar 11,21 %. Berdasarkan hasil tersebut maka, penggunaan strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meminimalisir penurunan retensi siswa khususnya pada materi system saraf (bila dibandingkan penurunan retensi dengan model pembelajaran yang lain).Kata Kunci: Hasil Belajar, Retensi, dan Peta Konsep
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011