ESSAY

Writer / NIM
SRI DEVI UMAR / 431410079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
WIRNANGSI D UNO, S.Pd., M.Kes / 0029066903
Abstract
ABSTRAK Sri Devi Umar. 2015. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Retensi Peserta Didik Kelas X Pada Materi Virus Di SMA N. 4 Gorontalo". Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Elya Nusantari M.Pd dan Pembimbing II. Wirnangsi D. Uno, S.Pd., M.Kes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran SCRIPT dan STAD terhadap retensi peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Pada kelompok SCRIPT diterapkan model pembelajaran SCRIPT dan kelompok STAD diterapkan model pembelajaran STAD. Populasi penelitian adalah SMA N. 4 Gorontalo tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling sehingga didapat kelas X MIA 3 sebagai kelompok SCRIPT dan kelas X IS 2 sebagai kelompok STAD. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengukur retensi yang dilakukan setelah 14 hari materi selesai diajarkan. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji Anova satu jalur. Berdasarkan analisis hipotesis dapat diperoleh £2tabel = 4,084 dan hasil £2hitung = 21,048 Dari hasil tersebut dapat di interprestasi bahwa £2tabel £ £2hitung sehingga hipotesis H0 ditolak, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe SCRIPT dan model pembelajaran Kooperatif STAD berpengaruh terhadap retensi peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran SCRIPT, Model Pembelajaran STAD,Retensi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011