ESSAY

Writer / NIM
NURMILA DJAFAR / 431411026
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Advisor 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstract
ABSTRAK NURMILA DJAFAR. 2017. "Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Negeri 2 Gorontalo". Skripsi, Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Lilan Dama, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem pernapasan di SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Dari pengambilan sampel diperoleh kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen-1 yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen-2 yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap kedua nilai Posttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan tipe NHT (Numbered Head Together). Hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Kata kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif, Think Pair Share, Numbered Head Together, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011