ESSAY

Writer / NIM
MUKARRAMA LATAPENG / 431411081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Advisor 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstract
ABSTRAK Mukarrama Latapeng. Perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping dengan siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran IPA Biologi (Suatu Penelitian di SMP Negeri 1 Telaga). Skripsi, Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Lilan Dama, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping dengan siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran IPA Biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap berlangsung pada tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga yang berjumlah 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII1 sebagai kelas Mind Mapping yang mendapatkan perlakuan strategi pembelajaran Mind Mapping, sedangkan kelas VII4 sebagai kelas meringkas yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping (meringkas) dengan jumlah siswa masing-masing 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 73,14% dan kontrol 56,79%. Berdasarkan pengujian Hipotesis juga diperlihatkan bahwa didapatkan thitung = 15,36 > tdaftar = 1,98. Karena thitung > tdaftar maka H0 ditolak, dengan demikian H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping dengan siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran IPA Biologi. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Mind Mapping, Meringkas, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011