ESSAY

Writer / NIM
AGUSTINA MUSTAPA / 431411107
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstract
ABSTRAK Agustina Mustapa, 2015. "Perbedaan Model Pembelajaran tipe PBL (Problem Based Learning) dan STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik kelas XI MIPA pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 1 Limboto". Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Elya Nusantari M.Pd dan Pembimbing II. Dr. Lilan Dama, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan model pembelajara Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Pada kelompok PBL diterapkan model pembelajaran PBL dan kelompok STAD diterapkan model pembelajaran STAD. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Limboto tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling sehingga didapat kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok PBL dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok STAD. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji-t. berdasarkan analisis hipotesis diperoleh thitung = 0,000 dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil tersebut dapat di interpretasi bahwa thitung < 0,05 sehingga hipotesis H0 ditolak, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Student Team Achievement Divisions terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions, Berpikir Kritis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011