ESSAY

Writer / NIM
ZENAB R. UMAR / 431412015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Advisor 2 / NIDN
Dr. MARGARETHA SOLANG, M.S.i / 0015036808
Abstract
ABSTRAK Zenab R. Umar. 2018. "Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan pendekatan saintifik model pembelajaran tipe jigsaw pada materi sistem peredaran darah manusia kelas XI SMA Negeri 1 Telaga". Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof Dr.Hj.Ani M Hasan,M.Pd dan Pembimbing II Dra.Margaretha Solang, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi sistem Peredaran darah manusia dengan model pembelajaran tipe jigsaw ini digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik kelas XI MIA I SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Addie yang terdiri dari Analyze (Analisis), designe (desain), develop (Pengembangan) Implement (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop (pengembangan) atau hanya sampai pada tahap uji coba produk saja. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas (LKPD) yaitu lembar angket yang mencakup beberapa aspek penilaian meliputi aspek kelayakan materi/isi, aspek kurikulum, aspek kebahasaan, dan kejelasan kalimat, aspek penyajian, dan aspek kegrafikan. Validasi dilakukan oleh dua orang dosen dengan ahli materi,ahli pendidikan dan satu orang guru biologi. Uji coba produk dilakukan kepada 30 orang peserta didik SMA kelas X1 MIA 1 untuk melihat keterbacaan. Hasil pengembangan dalam penelitian ini adalah media lembar kerja peserta didik dengan pendekatan saintifik model pembelajaran tipe jigsaw. berdasarkan presentase keidealan secara keseluruhan oleh validator ahli materi berada dalam rentang skor 97% termasuk dalam kategori sangat baik (SB), untuk ahli pendidikan presentase keidealan secara keseluruhan berada pada rentang skor 66.6% termasuk kategori baik (B). Sedangkan untuk guru biologi presentase keidealan secara keseluruhan berada pada rentang skor 96% termasuk kategori sangat baik (SB) dan untuk uji coba peserta didik presentase keidealan secara keseluruhan mendapatkan nilai 81,25% termasuk kategori sangat baik (SB). Sehingga lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan pendekatan saintifik model pembelajaran tipe jigsaw layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Media Pembelajaran Lembar kerja peserta didik, model tipe jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011