ESSAY

Writer / NIM
FARDIAN TANE / 431413003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
Dr. HARTONO D MAMU, M.Pd / 0009046505
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media ular tangga terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi (suatu penelitian pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Limboto Barat). Desain yang digunakan adalah Prettest-Posttest Only Control Group Design yang terdiri dari dua kelompok perlakuan, yaitu kelas X IIS1(Ilmu-Ilmu Sosial) sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IIS2 (Ilmu-Ilmu Sosial) sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan analisis statistik Uji T, hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 12,16 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,01. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Media Ular Tangga Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat. Kata kunci: Model pembelajaran tipe Jigsaw, media ular tangga, keaktifan siswa, hasil belajar biologi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011