ESSAY

Writer / NIM
SUSANTI LATIF / 431413024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Advisor 2 / NIDN
Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi lesson study untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kelompok pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian dilaksanakan melalui kegiatan lesson study sebanyak 3 kali open class. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar pengamatan lesson study dan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang terdiri dari 8 (delapan) aktivitas belajar yaitu aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendengar, aktivitas menulis, aktivitas menggambar, aktivitas gerak, aktivitas mental, aktivitas emosional. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelompok mengalami peningkatan. Open class 1 rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelompok memperoleh presentase 69,2%, open class 2 rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelompok mengalami peningkatan menjadi 77%, selanjutnya untuk open class 3 rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelompok meningkat menjadi 83%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan lesson study aktivitas belajar siswa dalam kelompok pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo kelas XI IPA 3 mengalami peningkatan. Kata kunci: Lesson study, Aktivitas belajar siswa dalam kelompok
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011