ESSAY

Writer / NIM
RIANTY BAHARUDIN / 431413025
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Advisor 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstract
Rianty Baharudin, 2017. Skripsi "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri-STAD terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X pada Materi Tumbuhan Di SMA Negeri 1 Telaga" Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ani M Hasan, M.Pd Pembimbing I dan Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri-STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi tumbuhan di SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan Quasi Experimental Design dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design yang terdiri dari dua kelompok perlakuan, yaitu kelas X Mia5 sebagai kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Inkuiri-STAD dan kelas X Mia4 sebagai kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Data diperoleh berdasarkan nilai hasil pretest dan posttest siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan ANAVA A, diperoleh nilai Fhitung sebesar 4.32 dan nilai Ftabel sebesar 4.08. Jumlah Fhitung yang memiliki nilai lebih besar dari Ftabel menggambarkan bahwa H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri-STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMA Negeri 1 Telaga. Kata kunci: Model pembelajaran Inkuiri-STAD, hasil belajar kognitif, materi tumbuhan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011