ESSAY

Writer / NIM
MARICE LASANTU / 431414058
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Advisor 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstract
Marice Lasantu. 2018. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada Kelas XI IPA-5 di SMA Negeri 1 Gorontalo". Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Lilan Dama, M.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. Mustamin Ibrahim, M.Si sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan proses pembelajaran (kegiatan guru dan kegiatan siswa) melalui penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I menjelaskan tentang struktur dan fungsi organ reproduksi manusia, gametogenesis, dan fertilisasi sedangkan siklus II menjelaskan tentang teknologi dalam reproduksi manusia dan kelaianan pada reproduksi manusia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-5 SMA Negeri 1 Gorontalo. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa untuk siklus I dari 30 orang siswa terdapat 63% atau 19 orang siswa yang tuntas dan 37% atau 11 orang siswa yang tidak tuntas, pada siklus II memperoleh nilai sebesar 80% atau 24 orang siswa yang tuntas dan 20% atau 6 orang siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Kata kunci : Model pembelajaran Number Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa, Materi sistem reproduksi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011