ESSAY

Writer / NIM
SULIASTUTI SANDRA DEWI / 431414086
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Advisor 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstract
ABSTRAK Suliastuti Sandra Dewi. 2018. "Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Plantae". Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Masra Latjompoh, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Lilan Dama, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi plantae melalui penerapan metode Giving Question and Getting Answer (GQGA). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari beberapa fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa meningkat dari hasil belajar sebelumnya. Hal ini terlihat dari hasil belajar perolehan siswa pada siklus I dari 33 orang siswa terdapat 69,70% atau 23 orang siswa yang tuntas dan 30,30% atau 10 orang siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 90,91% atau 30 orang siswa yang tuntas dan 9,09% atau 3 orang siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi plantae di kelas X IPA-4 SMA Negeri 1 Telaga. Kata kunci : Metode Giving Question and Getting Answer (GQGA), Hasil Belajar Kognitif Siswa, Materi Plantae
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011