ESSAY

Writer / NIM
YUNANGSI HARUN / 431415034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Advisor 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran Learning cycle pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Kabila. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 di sekolah SMA Negeri 1 Kabila. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes. Hasil penilaian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil ini dapat dilihat melalui validitas perangkat pembelajaran dilihat dari hasil validasi oleh validator ahli dan validator praktisi berkisar dari 75%-100%. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran berkisar dari 50%-100% dan aktivitas siswa berkisar dari 54%-100%. Keefektivan perangkat pembelajaran dilihat dari tes penguasaan konsep siswa berkisar dari 51%-85% dan respon siswa berkisar dari 88%-100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran Learning cycle pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Kabila memenuhi criteria valid, praktis dan efektif.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011