ESSAY

Writer / NIM
SRI MEYLAN HIPPY / 431415037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran metakognitif terhadap peningkatan kemampuan keterampilan argumentasi siswa pada materii evolusi di SMA Negeri 1 Telaga. Kelas yang digunakan sebagai kelas penelitian yakni kelas XII MIA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal-soal berbasis pengetahuan metakognitif, lembar keterlaksanaan guru, lembar aktivitas siswa dan rubrik penilaian argumentasi. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif. Design penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimentasl non design dengan rancangan one-group pretest and posttest design dan uji t untuk melihat peningkatan pembelajaan metakognitif terhadap keterampilan argumentasi siswa. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai keterlaksanaan guru sebesar 90.4% kategori sangat baik aktivitas siswa menunjukan hasil rata-rata sebesar 96% kategori sangat baik. Hasil pengujian uji t untuk hasil pretest dan posttest menunjukan thitung = 155.807 > ttabel = 1.711 pada taraf 0.05 dk n-1, dengan tingginya hasil pembelajaran metakognitif menunjukan terdapat peningkatan terhadap keterampilan argumentasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011