ESSAY

Writer / NIM
SITRIYANI NAPU / 431415064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran berbasis karakteristik morfologi tanaman padi sawah pada sub materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMP Negeri 1 Kabila, Gorontalo Tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini berfokus pada validasi perangkat pembelajaran untuk melihat kevalidan dalam perangkat pembelajaran tersebut. Perangkat pembelajaran yang divalidasi berupa RPP, LKPD, dan Buku suplemen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi untuk mengetahui produk yang dihasilkan valid. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif yaitu berupa tanggapan dan saran validator. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi produk RPP memperoleh nilai persentase berkisar 75%-100%, sedangkan LKPD memiliki nilai persentase berkisar antara 83.3%-100%, serta untuk buku suplemen memperoleh nilai persentase 83.3%-100%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi syarat validitas dengan kategori valid dan sangat valid. Kata kunci: Validitas, Perangkat Pembelajaran, RPP, LKPD, Buku Suplemen.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011