ESSAY

Writer / NIM
AMELIA E. PULUHULAWA / 431417009
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, M.Si / 0014097902
Abstract
ABSTRAK Amelia E. Puluhulawa. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Abubakar Sidik Katili, S.Pd., M.Sc. Pembimbing 2: Dr. Dewi Wahyuni K. Baderan, S.Pd., M.Si. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan media pembelajaran e-modul interaktif berorientasi kemampuan pemecahan masalah pada materi keanekaragaman hayati. Kriteria e-modul pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini telah valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini menggunakan 6 instrumen yaitu: instrumen wawancara, instrumen validasi, instrumen respon siswa, instrumen penilaian keterlaksanaan pembelajaran, instrumen penilaian aktivitas peserta didik, dan instrumen penilaian hasil belajar (pre-test dan post-test). Hasilnya menemukan bahwa uji validitas berdasarkan hasil penilaian validator ahli materi, ahli media, dan guru memperoleh skor masing-masing 95.10%, 85.83%, dan 94.17% (sangat baik). Tes kepraktisan untuk hasil keterlaksanaan pembelajaran dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan skor 94.12%, hasil aktivitas peserta didik dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan skor masing-masing adalah 85%, dan 87.62%, dan hasil respon peserta didik pada kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan skor masing-masing adalah 85%, dan 87.9% (semua hasil tersebut termasuk kategori sangat praktis. Uji efektivitas berdasarkan hasil analisis N-Gain pada uji coba kelompok kecil mendapat nilai 0.64 (cukup efektif), dan uji coba kelompok besar mendapat nilai 0.70 (efektif). Penulis menyimpulkan e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo Kata Kunci: E-Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah, Penelitian Pengembangan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011