ESSAY

Writer / NIM
SEPTIA AM. S. ABDULLAH / 431417016
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstract
Septia Am.S. Abdullah. 2022. Pengembangan Alat Evaluasi Berorientasi HOTS Materi Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Berkarakter Konservasi di Kelas IV SD. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd (2) Dr. Abubakar Sidik Katili,S.Pd.,M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dalam mengembangkan alat evaluasi berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada pembelajaran IPA materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam berkarakter konservasi di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model four-D (4-D) dengan beberapa tahap yakni (1) pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop) dan (4) Penyebaran (Disseminate), akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan yaitu tahap validitas. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrument wawancara dan instrument validasi. Teknis analisis data menggunakan lembar penilaian validator ahli didukung rumus perhitungan setiap aspek yang dinilai. Hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase rata-rata sebesar 92,4% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli alat evaluasi mendapatkan presentasi rata-rata sebesar 90,4% dengan kategori sangat layak. Validasi praktisi/guru memperoleh presentase rata-rata sebesar 95,2% dengan kategori sangat layak. Validitas dari hasil validasi ahli memperoleh soal uraian dan pilihan ganda sebanyak 90 nomor soal. Disimpulkan bahwa alat evaluasi berorientasi HOTS yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran IPA materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam. Kata Kunci: Alat Evaluasi, HOTS (Higher Order Thinking Skills), Karakter Konservasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011