ESSAY

Writer / NIM
RAHMAWATI GOBEL / 431417019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstract
Rahmawati Gobel. 2022. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Materi Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis di Kelas IV SD. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1)Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd (2) Dr. Abubakar Sidik Katili, S.Pd, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid pada pembelajaran IPA materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam dalam melatih kemampuan berpikir kritis di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model four-D (4-D) dengan beberapa tahap yakni Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), (4) Penyebaran (Disseminate), akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan yaitu tahap uji validasi ahli. Instrument yang digunakan terdiri dari instrument wawancara dan instrument validasi. Teknik analisis data menggunakan lembar penilaian validator ahli didukung rumus perhitungan setiap aspek yang dinilai. Hasil validasi ahli materi untuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mendapatkan presentase rata-rata sebesar 91,11% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli materi untuk lembar kerja peserta didik (LKPD) mendapatkan presentase rata-rata sebesar 82,22% dengan kategori layak, hasil validasi ahli materi untuk bahan ajar mendapatkan presentase rata-rata sebesar 87,05% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli perangkat pembelajaran untuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mendapatkan presentase rata-rata sebesesar 82,22% dengan kategori layak, hasil validasi ahli perangkat pembelajaran untuk lembar kerja peserta didik (LKPD) mendapatkan presentase rata-rata sebesar 84,44% dengan kategori layak, hasil validasi ahli perangkat pembelajaran untuk bahan ajar mendapatkan presentase rata-rata sebesar 84,70% dengan kategori layak. Validasi praktisi/guru memperoleh presentase rata-rata sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam pembelajaran IPA materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, RPP, LKPD, Bahan ajar, Berpikir Kritis.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011