ESSAY

Writer / NIM
SRI YUSTIKASARI S. LAMAKA / 431417033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Advisor 2 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Abstract
Sri Yustikasari S Lamaka, 2022. Pengembangan E-modul Berbasis Blended Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran PRIMA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ramli Utina, M.Pd (2) Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd. Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan validitas e-modul pembelajaran berbasi blended learning dengan menggunakan model pembelajaran PRIMA untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan Kelas X, Mendeskripsikan kepraktisan e-modul pembelajaran berbasis blended learning dengan menggunakan model pembelajaran PRIMA dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan Kelas X, Mendeskripsikan keefektifan e-modul pembelajaran berbasis blended learning dengan menggunakan model pembelajaran PRIMA yang dikembangkan untuk digunakan sebagai e-modul pembelajaran di SMA Kelas X. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 20 peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo tahun 2021/2022. Instrumen pengumpulan data yang digunakan Validasi, Respon berupa angket. Teknik analisisnya yang menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa e-modul berbasis blended learning yang dihasilkan memenuhi standar kelayakan, hal ini dilihat dari hasil validasi ahli materi yang dapat memperoleh presentase tiap aspek yaitu 90%, 92,72%, dan 100% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi dari ahli media memperoleh persentase tiap aspek yaitu 82,14% dan 84,61% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji standar kelayakan dari e-modul berbasis blended learning ini diperkuat dari hasil uji coba produk kepada guru dan peserta didik yang memberikan respon positif terhadap e-modul berbasis blended learning ini. Kata Kunci: E-modul, Blended Learning, Perubahan Lingkungan, Pembelajaran PRIMA, Keterampilan Proses sains.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011