ESSAY

Writer / NIM
FATMAWATI LATIF / 431417048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstract
FATMAWATI LATIF. 2022. Pengembangan Buku Suplemen Berbasis Potensi Lokal Tanaman Jagung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing 1: Dr.Frida Maryati Yusuf, M.Pd . Co-pembimbing 2: Prof. Dr. Novri Youla Kandowangko, M.P. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam mengembangkan buku suplemen berbasis potensi lokal tanaman jagung untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluated) namun dibatasi sampai pada tahap development yaitu di tahap ujicoba terbatas. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen wawancara, lembar validasi, angket respon siswa, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan lembar pretest-postest. Hasil analisis validitas buku suplemen memperoleh nilai persentase 90,5% dengan kategori sangat valid, hasil analisis kepraktisan dilihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran memperoleh nilai 86,4%, dan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai 100% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil analisis keefektifan dilihat dari angket respon siswa memperoleh nilai 88,5% kategori sangat layak dan hasil soal pretes-postest menunjukkan bahwa hasil pretest siswa mencapai nilai rata-rata 24,5-44% sedangkan hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata 70-88% dari lima indicator berpikir kritis. Disimpulkan bahwa buku suplemen berbasis potensi lokal telah memenuhi kriteria valid, namun belum bisa dikatakan praktis dan efektif dikarenakan hanya sampai tahap ujicoba terbatas tetapi buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: validitas, kepraktisan, keefektifan, potensi lokal, buku suplemen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011