ESSAY

Writer / NIM
FATMA / 431417053
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Advisor 2 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Abstract
ABSTRAK Fatma. 2022. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match berbasis metode praktikum pada materi jamur. Program Studi S1-Pendidikan. Pembimbing 1: Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd. Co-Pembimbing 2: Dr. Masra Latjompoh, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Make a Match berbasis metode praktikum pada materi jamur. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan R&D yang terdiri dari pengumpulan informasi, analisis peserta didik, studi literatur, desain produk perangkat pembelajaran, validasi perangkat pembelajaran, revisi perangkat pembelajaran, uji coba skala terbatas dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. Subjek penelitian ini peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa RPP & LKPD yang dilihat dari hasil validasi oleh validator ahli memperoleh persentase nilai RPP 89%, LKPD 84%, Pre-test & Post-test 91% memperoleh kriteria sangat valid dan dari validator praktisi memperoleh persentase nilai RPP 94%, LKPD 80%, Pre-test & Post-test 83%. Kepraktisan RPP dan LKPD terlihat dari a) hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I, II, dan III memperoleh persentase nilai rata-rata 93.06%. b) Aktivitas peserta didik pada pertemuan I, II, dan III memperoleh persentase nilai rata-rata 97.15% dan c) respon peserta didik memperoleh persentase nilai rata-rata 81.50% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran make a match berbasis metode praktikum pada materi jamur dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Make a Match Berbasis Metode Praktikum ABSTRACT Fatma, 2022. Development of learning devices using the make a match learning model based practical method on fungi material. Bachelor degree program in biology education. The supervisors (1) Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd., (2) Dr. Masra Latjompoh, M.Pd This research is development research that aims to determine the validity and practicality of developing learning devices using make a match model based pratical method on fungi material. This research is classified as developmental research using sugiono modified R&D development model., which consist of information collection, studens analysis, literature study, learning device product design, learning device validation, learning device revision, limited-scale trial, and learning device products that meet the and practicality criteria . the subjects are students of grade X at SMA Negeri 1 Gorontalo in the 2021/2022 academic lear. The research findings show that the learning devices (Lesson Plan & Students Worksheet) obtain the percentage of validation results from expert validator of 89% for lesson plan, 84% for students worksheet. in addition , the pretest dan posttest obtain a score of 91% with a very valid criterion. Meanwhile, practitioner validator obtains a score of 94% for lesson plam, 80% for studens worksheet, 83% for pretets and posttest. The practicality of learning devicesis observable from a) the result of implementing learning in meetings I, II and III are 93.06% on average, b) students activities in meetings I, II and III obtain a score of 97.15%, and c) students responses obtain a score of 81.50 on average with a very good criterion. Based in the research findings, it is concluded tha the development of learning devices (Lesson Plan & Students Worksheet) using the make a match learning model based practical method on fungi material are valid and practical to be used in learning process. Keywords: Learning Devices, Make a Match Based Practical Method
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011