ESSAY

Writer / NIM
FATMA N. UTINA / 431417063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Advisor 2 / NIDN
Dr. DJUNA LAMONDO, M.Si / 0018086407
Abstract
Pembelajaran daring adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah sektor pendidikan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penerapan pembelajaran daring pada pelajaran IPA materi biologi di masa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru, siswa, dan orang tua. Metode peneletian ini kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan pembelajaran daring materi IPA Biologi kelas VIII MTs di Kota Gorontalo pada aspek guru termasuk kriteria kuat (70.8%) terlihat dari 5 indikator yaitu perangkat pembelajaran daring (92%), proses pembelajaran daring (73%), partisipasi siswa pada pembelajaran daring (54%), pelaksanaan praktikum secara daring (61%) dan proses penilaian (74%). Keterlaksanaan pembelajaran daring pada materi IPA Biologi kelas VIII MTs di Kota Gorontalo pada aspek siswa termasuk kriteria kuat (73.3%) terlihat dari 4 indikator yaitu proses pembelajaran daring (76%), partisipasi siswa pada pembelajaran daring (71%), pelaksanaan praktikum secara daring (70%) dan meningkatkan kreativitas (76%). Kendala pembelajaran daring dilihat dari tiga aspek yaitu: a) aspek guru terlihat kendala yang dihadapi diantaranya kurang maksimalnya pelaksanaan praktikum, koneksi internet yang buruk dan waktu pembelajaran daring tidak mencukupi: b) aspek siswa terlihat kendala yang dihadapi berupa tidak fokus selama mengikuti pembelajaran daring, koneksi internet yang terganggu dan waktu pembelajaran daring tidak mencukupi: c) aspek orang tua terlihat kendala yang dihadapi diantaranya mengatur waktu untuk mendampingi siswa secara langsung, membatasi waktu penggunaan gawai, fasilitas dan kebutuhan siswa untuk mengikuti pembelajaran daring, memotivasi siswa agar tetap semangat mengikuti pembelajaran biologi meskipun secara daring. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata pelaksanaan penerapan pembelajaran daring pada aspek guru termasuk kriteria kuat (70.8%), aspek siswa termasuk kriteria kuat (73.3%), dan ditemukan beberapa kendala yang dihadapi oleh guru, siswa dan orang tua.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011