Writer / NIM
						RAHWILIN VAN GOBEL / 431418005
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
						Advisor 2 / NIDN
						Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
						Abstract
						Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk baru yaitu suplemen bahan ajar berbasis kajian tanaman yang tercekam kekeringan untuk mata pelajaran Biologi  materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, yang terintegrasi dengan kategori valid, praktis dan efektif. Prosedur pengembangan suplemen bahan ajar menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap revisi suplemen bahan ajar materi pertumbuhan dan perkembangan berbasis kajian  tanaman yang tercekam kekeringan setelah uji coba terbatas. Subjek uji coba dan implementasi dengan skala terbatas yaitu melibatkan 20 orang peserta didik kelas XII IPA3 SMA Negeri 4 Gorontalo. Berdasarkan hasil validasi yang terdiri dari validasi isi memperoleh nilai rata-rata  84% dengan kategori valid, validasi konstruk memperoleh nilai  rata "rata  73% dengan kategori valid. Hasil analisis kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata " rata 100% dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik memperoleh nilai 76,87% dengan kategori baik serta angket respon peserta didik mencapai skor rata " rata  88,07% dengan kategori sangat baik. Analisis keefektifan dilihat dari nilai pretest dan postest dengan nilai rata "rata pretest 39.5% dan postest 86.09%. Peningkatan hasil belajar memperoleh nilai  presentase N-Gain  86.84 % dengan kategori efektif
						Download files