ESSAY

Writer / NIM
KURNIASI PAPUTUNGAN / 431418006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HARTONO D MAMU, M.Pd / 0009046505
Advisor 2 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstract
ABSTRAK KURNIASI PAPUTUNGAN. 2022. Efektivitas Model Discovery Learning dan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 4 Gorontalo. Program Studi S1-Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing (1) Dr. Hartono D. Mamu, M.Pd (2) Dr. Abubakar Sidik Katili, S.Pd., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning dan model contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi ekosistem di kelas X. Metode penelitian ini menggunakan quasi exsperimental, dengan menggunakan desain postest only with Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes essay. Analisis data yang digunakan yakni uji t-test. Hasil penelitian pada kelas X IPA 1 yang menerapkan model discovery learning menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi sebelum perlakuan menunjukkan rata-rata nilai sebesar 28,17 dan setelah perlakuan diperoleh rata-rata nilai sebesar 84,34. Hal ini menujukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebelum dan sesudah perlakuan atau dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah diterapkan model discovery learning. Pada kelas X IPA 2 yang menerapkan model contextual teaching and learning menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada saat sebelum perlakuan yang menunjukkan rata-rata nilai sebesar 22,06 dan setelah perlakuan diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,35 sehingga dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah diterapkan model contextual teaching and learning. Dapat disimpulkan,bahwa kedua model pembelajaran ini efektif. Keefektifan untuk model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi terfokus pada sintaks stimulasi, peserta didik akan dihadapkan pada suatu masalah sedangkan model contextual teaching and learning menekankan pada kontruksi pengetahuan lewat fakta-fakta dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Efektivitas, Discovery Learning, Contextual Teaching and Learning, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011