ESSAY

Writer / NIM
KIKI RESKI YANTI / 431418063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Advisor 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan karakter peduli lingkungan melalui penerapan Problem Based Learning berbasis HOTS pada pembelajaran IPA. Penelitian deskriptif kuantitatif. ini menggukanan one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara guru dan siswa, tes kepada siswa. Penelitian dilakukan di Kelas V SDN 08 Popayato, Wilayah pesisir Torosiaje. Analisis data menggunakan uji N-Gain, uji Normalitas dan uji T-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain untuk pengetahuan tentang ekosistem siswa kelas V SDN 08 Popayato adalah 72,2886. Kemudian dari aspek sikap peduli lingkungan cukup efektif. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang berorientasi pada masalah dunia nyata. Kata kunci: Berpikir Tingkat Tinggi; HOTS; Sikap peduli lingkungan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011