ESSAY

Writer / NIM
ANDI MEGAWATI ANDI UKAS / 433416002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN IPA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstract
ABSTRAK Andi Megawati Andi Ukas 2022. "Penerapan Model Pembelajaran KooperatifpTipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Suatu Penelitian diMKelas VIIA 9 SMP 4 NEGERI 11 Talaga Jaya). Program Studi Pendidikan IPA.KFakultasNMatematikaNdanIIlmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Prof.Dr. Elya Nusantari, M.Pd Pembimbing I dan Dr. Abubakar Sidik Katili , S.Pd, M.Sc sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA pada materi pencemaran lingkungan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Pada penelitian ini,peneliti mengunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data yang ada. Berdasarkan analisis data pada siklus I dari 26 siswa yang mengikuti tes terdapat 65% atau 17 siswa yang tuntas dan 35% atau 9 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai ketuntasan sebesar 81% atau 21 siswa yang tuntas dan 19% atau 5 siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta keterampilan social siswa,pada Materi Pencemaran Lingkungan Kata Kunci : Hasil belajar, group investigation ,PTK
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011