ESSAY

Writer / NIM
RIZA LARASATI MOHUNE / 433416004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN IPA
Advisor 1 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB pada materi tekanan zat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data pada siklus I dari 26 siswa yang mengikuti tes terdapat 65% atau 17 siswa yang tuntas dan 35% atau 9 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai ketuntasan sebesar 81% atau 21 siswa yang tuntas dan 19% atau 5 siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta keterampilan sosial siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011