ESSAY

Writer / NIM
MIRNA / 441407042
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Advisor 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstract
Mirna, 2012. Deskripsi Kemampuan siswa Kelas X MAN Model Gorontalo Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kimia Materi Reaksi Redoks Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Hendri Iyabu S.Pd. M.Si Ilmu kimia pada hakekatnya mempelajari tentang komposisi dan struktur materi, sifat materi, perubahan materi, dan energi yang menyertai perubahan materi. Konsep ilmu kimia pada umumnya merupakan konsep yang berjenjang, berkembang dari konsep sederhana ke arah konsep yang lebih kompleks. Sebagai contoh adalah konsep reaksi redoks yang dibangun oleh konsep bilangan oksidasi, reaksi reduksi-oksidasi dan reduktor-oksidator. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan yang dialami siswa pada penyelesaian soal-soal materi redoks yang diberikan sesuai dengan aspek yang telah ditentukan. Penelitian termasuk penelitian deskriptif, dimana peneliti hanya melakukan survei terhadap pemahaman siswa tentang materi redoks. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN Model Gorontalo yang berjumlah tujuh kelas. Sampel penelitian diambil secara random, yaitu dengan mengundi secara kelompok dan didapat 2 kelas yaitu kelas X1 dan X2. Instrumen yang digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal reaksi redoks berupa tes berbentuk pilihan ganda. Hasil uji coba instrumen dari 30 soal yang diujicobakan, diperoleh 30 soal yang digunakan untuk mengambil data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menentukan besarnya persentase kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal reaksi redoks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas X MAN Model Gorontalo dalam menyelesaikan soal-soal kimia materi reaksi redoks dapat dikatakan sangat rendah. Oleh karena itu kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal diperoleh persentase rata-rata total untuk setiap konsep sebesar 19,34%. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks dengan cara memilih pendekatan atau metode mengajar yang tepat, sehingga faktor-faktor yang menyebabkan timbilnya kesulitan dapat dikurangi semaksimal mungkin dan memberikan soal-soal yang bervariasi. Kata Kunci: Kemampuan siswa, pemahaman konsep, reaksi redoks, soal-soal kimia,
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011