ESSAY

Writer / NIM
SEFTIANTI HADIA / 441407063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Advisor 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstract
Seftianti Hadia.2012. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe NHT Pada Hasil Belajar Konsep Persamaan Reaksi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai Tahun Pelajaran 2011/2012". Jurusan pendidikan kimia, Fakultas matematika dan ipa, Universitas Negeri Gorotalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Ishak Isa,M.Si, pembimbing 2 La Alio,S.Pd.M.Si. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Semester 1 (ganjil) SMA Negeri 1 Bonepantai yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas X-1 dan kelas X-2 kemudian kelas X-3 sebgai kelas ujicoba instrumen. Pada kelas X-1 diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sedangakan pada kelas X-2 diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, relibilitas, dan taraf kesukarannya. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Menurut hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 2,143 dan ttabel = 2,016 dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 26 + 26 – 2 = 50. Jelas thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima dalam taraf nyata 0,05 artinya hasil belajar siswa pada materi persamaan reaksi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar konsep persamaan reaksi siswa kelas X SMA Negeri I Bonepantai tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Hasil belajar, Metode Jigsaw, Metode NHT
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011